search

Senin, 29 Oktober 2012

Prinsip – prinsip Desain Grafis tabloidpulsa.co.id


Prinsip – prinsip Desain Grafis
tabloidpulsa.co.id
1.    Metaphora
Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan.
Pada tampilan tabloidpulsa.co.id menyerupai tampilan pada tabloid pulsa, yaitu menampilkan per slide dan mengelempokkan jenis-jenis handphone sesuai merk.

2.    Clarity (kejelasan)
Adalah alasan yang kuat / masuk akal digunakannya setiap  elemen yang berada dalam suatu interface yang dibuat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik. Tampilan pada tabloidpulsa.co.id menggunakan warna background putih,  icon yang akan dipilih berbeda setiap pilihan. Background putih berperan untuk memberikan tampilan yang ringan pada mata, meningkatkan kesederhanaan dalam website tersebut dan icon berwarna lebih dari satu agar antara warna background dan icon ada perbedaan mencolok dengan backgound dan memberikan kesan yang berbeda setiap pilihan icon namun disisi lain akan membuat pengunjung sedikit bingung  karena berbeda warna.

3.    Consistency (ketetapan)
Setiap bagian pada situs tabloidpulsa.co.id menggunakan background putih, ber forn 3 ukuran agar tidak begitu berbeda dan membuat tampilan  forn lebih sederhana untuk pengunjung situs. Website ini termasuk konsisten, terlihat dari segi pewarnaannya. Penggunaan warna latar belakang sama untuk setiap page, yaitu putih. Warna teks yang mendominasi pada setiap halaman, yaitu hitam.

4.    Alignment (perataan)
Tampilan pada home sangat membingungkan karena terlalu banyak tampilan pada layar home yang membuat pengunjung baru merasa sedikit bingung akan memulai melihat dari sudut sebelah mana.

5.    Proximity
Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama. Karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antar item-item tersebut.
Terdapat juga feedback pada situs ini yaitu terdapatnya forum pengunjung untuk memberikan kritik dan saran.
Terdapat kolom searching untuk memudahkan pengunjung mencari informasi, dan letak search sudah bagus yaitu berada di atas kanan.

6.    Contras (keserasian tampilan)
Membuat anda tertarik, memandu mata anda melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men set item yang paling utama. Item yang paling utama di beri highlight. Guanakan geometri untuk membantu pengurutan.



Kesimpulan  :
Website tabloidpulsa.co.id memiliki tampilan home yang cukup padat sehingga membingungkan pengunjung dan membuat loading agak lama karena terlalu banyak gambar yang harus ditampilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar