search

Selasa, 07 Mei 2013

Firefox OS



Para pengguna internet sudah tidak asing dengan Mozilla Firefox, salah satu peramban web yang terpopuler di dunia.  Meskipun dikenal sebagai peramban web, saat ini Mozilla mencoba peruntungannya dengan pembuatan smartphone. Hal ini tentunya sangat mengagetkan dan persaingan produk smartphone diramalkan akan semakin ramai saja. 
 
Tidak mau sama dengan produk lain, ponsel Mozilla ini nantinya akan didukung dengan sebuah sistem operasi buatan Mozilla sendiri, sebuah inovasi yang tidak tanggung-tanggung. Dan sistem operasi tersebut dinamai Firefox OS, tentunya semakin membuat penasaran banyak orang.

Ponsel Mozilla ini kabarnya akan berjalan dengan sofware benama Boot to Gecko [B2G]. Seperti yang diketahui bahwa, Gecko mengimplementasikan open standar untuk HTML, CSS, dan JS. Selain itu Gecko juga termasuk networking stack, grafis stack, layout engine, vrtual (untuk JS), dan porting layers. Diperkirakan ponsel Mozilla sudah dapat membaca halaman web dengan bahasa HTML5. Sedangkan untuk dukungan Firefox OS, Mozilla juga akan menyediakannya dengan sistem open source seperti OS Android sehingga para orang umum dapat mempelajari dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi.
Namepaknya pertarungan sengit akan segera dimulai. Perangkat Firefox OS pertama yang dirilis tahun 2013 ini akan menjadi kompetitor baru bagi Android, iOS, dan Windows Phone. Untuk memperluas proyek tersebut, Mozilla menggandeng beberapa vendor besar seperti ZTE dan TCL. Dua vendor besar itu mengatakan bahwa mereka akan membuat Firefox OS dengan prosesor Qualcomm Snapdragon, chip yang digunakan Samsung Galaxy S III.
Ponsel ZTE dengan sistem operasi Firefox OS ini kabarnya akan diperkenalkan di Brazil untuk pertama kalinya. Melihat ketatnya persaingan antara iOS, Android dan Windows Phone membuat banyak pihak yang pesimis dengan Firefox OS sebagai OS pendatang baru.
Akan tetapi Mozilla sendiri yakin dapat memasuki pasar tanpa harus berhadapan langsung dengan Android dan iOS, mengingat sistem operasi Firefox OS dirancang agar ringan, hemat resource sehingga dapat digunakan pada ponsel kelas low-endsekalipun.


referensi : http://portal.paseban.com/article/67302/firefox-os

Tidak ada komentar:

Posting Komentar