Perkembangan teknologi di dunia terjadi sangat pesat, tiga tahun yang
lalu jika kita tidak mengenal apa itu augmented reality teknologi
mungkin masih bisa dimaklumi. Akan tetapi pada saat ini, Augmented Reality is the next big thing, it is our Future. Teknologi ini menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk diimplementasikan dalam industri bisnis.
Teknologi
Augmented Reality menjadi pilihan jitu bagi pelaku bisnis terutama
brand besar untuk menarik perhatian masyarakat luas. Menyajikan sebuah
program menarik dengan memberikan pengalaman yang sexy dan sophisticated bagi masyarakat telah menjadi salah satu marketing tool yang dilakukan.
Bisa dibayangkan hanya dengan menghadapkan smartphones ke sebuah area yang telah di-track,
Anda bisa mendapatkan informasi secara atraktif atau bahkan bisa
bermain game yang lucu dan menarik, tidak hanya itu, hasil permainan
Anda bisa di-share ke Social Media. Penggabungan dunia virtual dan dunia reality telah semakin menyatu.
Peralihan metode advertising konvensional ke advertising
berbasis teknologi telah mulai dilakukan, perusahaan mulai menilik
sesuatu yang canggih dan lebih interaktif untuk mempromosikan produk
mereka. Memberikan sebuah experience langsung ke konsumen menjadi perhatian sebuah perusahaan.
Seperti
yang dilakukan oleh Sony Walkman Indonesia, pada waktu meluncurkan
Walkman seri terbaru W-series pada bulan September 2012 Sony ingin
melakukan sesuatu yang berbeda untuk mengkomunikasi keunggulan produk
ini. Di tengah kompetisi pasar yang didominasi oleh iPod di segmen audio portable, Sony Walkman hadir dengan keunggulan mengunduh musik dengan cara yang lebih cepat dan mudah.
Musik
yang merupakan bahasa universal yang fun dan menyenangkan, Sony Walkman
ingin target market mereka yaitu para kaum muda untuk berinteraksi dan
ber-experience bersama menikmati musik dan tarian. Dengan menggunakan teknologi augmented reality, audience bisa nge-shuffling bersama dengan virtual dancer, dari anak-anak sampai dewasa bisa menikmati musik dan menari secara bersamaan.
Persepsi Augmented Reality pada umumnya merupakan sebuah teknologi
yang simpel bagi sebagian masyarakat di mana dengan menggunakan
smartphones yang dihadapkan pada sesuatu atau sebuah area, kemudian akan
terlihat sebuah informasi di layar. Pada kenyataannya tidak hanya
seperti itu, augmented reality terdapat sebuah ilustrasi, imajinasi,
animasi dan semuanya ditambahkan dalah realitas kita.
Teknologi augmented reality akan terus bergerak maju dan berkembang seiring dengan permintaan customer yang tinggi, karena dipercaya sebagai integrated tool yang dapat menunjang kesuksesan sebuah brand activation yang pada akhirnya akan memberikan berpengaruh positif terhadap Brand itu sendiri. Tidak hanya sebagai advertising, Augmented reality merupakan sebuah amazing tool dalam menyajikan informasi.
Betapa menyenangkan jika saat kita duduk di sebuah coffee shop dan menggunakan kacamata augmented reality,
akan terlihat di samping Anda sebuah karakter animasi lucu di mana dia
bisa menjelaskan menjelaskan menu-menu yang dijual dan membantu Anda
berinteraksi dengan pembeli secara atraktif.
Yah, itulah masa depan! The Future is Coming!
Augmented reality akan menjadi sebuah kebiasaan penting dalam
keseharian kita, informasi yang dibutuhkan akan hadir dengan cara yang
fantastis.
*Penulis: Krisni Lee, adalah Project Director AR&Co
Sumber:http://tekno.kompas.com/read/2013/01/04/15444751/Pengaruh.Augmented.Reality.dalam.Bisnis.Global
Tidak ada komentar:
Posting Komentar